Rabu, 19 Desember 2012

METODE PEMBELAJARAN LINGKUNGAN,GURU,SISWA, DAN GLOBE


METODE PEMBELAJARAN LINGKUNGAN,GURU,SISWA, DAN GLOBE
      Lingkungan,Guru,Siswa dan Globe
Dalam mata pelajaran yang akan saya sampaikan kepada siswa,saya menggunakan metode lingkungan dengan memanfaatkan taman sekolah menjadi tempat pembelajaran.alasan saya menggunakan metode ini yaitu agar siswa yang mengikuti mata pelajaran saya lebih mudah menangkap pelajaran yang saya sampaikan dan juga membuat siswa agar tidak jeuh dalam pelajaran yang akan  saya sampaikan.dalam mata pelajaran ini saya juga menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan Globe yang berguna untuk lebih mudah saya menyampaikan pelajaran geografi,dimana saya akan menyampaikan garis kwatulistiwa dan garis lintang kepada siswa yang mengikuti mata pelajaran yang saya sampaikan.
Kelebihan metode dalam mata pelajaran yang saya sampaikan yaitu akan membuat siswa lebih nyaman dan rilexs dalam mepelajari atau memahami materi-materi pelajaran yang saya sampaikan kepada siswa.siswa juga akan memuang jauh-jauh pendapatnya bahwa mata pelajaran geografi sangat susah dan siswa juga akan menyukai pelajaran geografi.
Kekurangan dalam metode ini terletak pada siswa,yang kurang aktif dan kurang cepat tanggap dalam metode yang disampaikan guru.dan juga sulitnya memantau anak yang hiper aktif yang memanfaatkan metode inisebagai ajang main-main.
Langkah-langkah dalam membuat metode ini:
1.    Guru menyiapkan lingkungan yang nyaman dan bersih untuk kelancaran penyampaian pelajaran.
2.    Guru menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan dalam penyampaian pelajaran.
3.    Guru harus dapat membentuk duduk siswa,agar siswa tidak berpencar-pencar.
4.    Terus guru harus dapat menyampaikan pelajaran semenarik mungkin agar siswa tidak berpaling pandangan kearah lain.
Langkah-langah penyampaian kepada siswa:
1.    Guru harus melihat keadaan siswa,dan harus tau mulai penyampaian belajar dari mana.
2.    Guru harus tau apa maksud dari pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa.
3.    Guru juga harus ada rangkuman pelajaran yang akan disampaikan.
4.    Guru harus tau juga cara menyampaikan dengan menggunakan globe kepada siswa,agar tidak ada yang bilang tidak paham.
5.    Guru harus dapat menarik siswa dalam pelajaran yang  disampaikan agar siswa tertarik dalam pelajaran yang disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar