METODE PEMBELAJARAN LINGKUNGAN,GURU,SISWA, DAN GLOBE
Lingkungan,Guru,Siswa dan Globe
Dalam mata pelajaran
yang akan saya sampaikan kepada siswa,saya menggunakan metode lingkungan dengan
memanfaatkan taman sekolah menjadi tempat pembelajaran.alasan saya menggunakan
metode ini yaitu agar siswa yang mengikuti mata pelajaran saya lebih mudah
menangkap pelajaran yang saya sampaikan dan juga membuat siswa agar tidak jeuh
dalam pelajaran yang akan saya sampaikan.dalam mata pelajaran ini saya
juga menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan Globe yang berguna untuk
lebih mudah saya menyampaikan pelajaran geografi,dimana saya akan menyampaikan
garis kwatulistiwa dan garis lintang kepada siswa yang mengikuti mata pelajaran
yang saya sampaikan.
Kelebihan metode dalam
mata pelajaran yang saya sampaikan yaitu akan membuat siswa lebih nyaman dan
rilexs dalam mepelajari atau memahami materi-materi pelajaran yang saya
sampaikan kepada siswa.siswa juga akan memuang jauh-jauh pendapatnya bahwa mata
pelajaran geografi sangat susah dan siswa juga akan menyukai pelajaran
geografi.
Kekurangan dalam
metode ini terletak pada siswa,yang kurang aktif dan kurang cepat tanggap dalam
metode yang disampaikan guru.dan juga sulitnya memantau anak yang hiper aktif
yang memanfaatkan metode inisebagai ajang main-main.
Langkah-langkah dalam
membuat metode ini:
1.
Guru menyiapkan lingkungan yang nyaman dan bersih untuk kelancaran
penyampaian pelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan dalam penyampaian pelajaran.
3.
Guru harus dapat membentuk duduk siswa,agar siswa tidak berpencar-pencar.
4.
Terus guru harus dapat menyampaikan pelajaran semenarik mungkin agar
siswa tidak berpaling pandangan kearah lain.
Langkah-langah
penyampaian kepada siswa:
1.
Guru harus melihat keadaan siswa,dan harus tau mulai penyampaian belajar
dari mana.
2.
Guru harus tau apa maksud dari pelajaran yang akan disampaikan kepada
siswa.
3.
Guru juga harus ada rangkuman pelajaran yang akan disampaikan.
4.
Guru harus tau juga cara menyampaikan dengan menggunakan globe kepada
siswa,agar tidak ada yang bilang tidak paham.
5. Guru harus dapat menarik
siswa dalam pelajaran yang disampaikan agar siswa tertarik dalam
pelajaran yang disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar