Metode Pembelajaran
Ips dengan menggunakan Teknik Pick Up Cards Game
Metode
Teknik Pick Up Cards Game
Pick up cards game
atau permainan memungut kartu merupakan salah satu teknik permainan dalam
pembelajaran yang menggunakan kartu sebagai media untuk pola interaksi siswa
dalam kegiatan belajar mengajar. Permainan kartu merupakan sebuah permainan
yang biasanya dilakukan dari permainan yang biasanya disebut dengan card games.
Dalam permainan memungut kartu ini, disediakan beberapa kartu yang berisi pemecahan
dari suatu masalah dan kartu kosong. Kartu-kartu ini ditebarkan di atas meja
atau lantai. Guru memiliki peran sebagai pemimpin yang memberikan suatu masalah
kepada siswa. Para siswa kemudian mencoba mencari kartu-kartu yang berisi
pemecahan dari masalah tersebut. Siswa yang pertama mendapat kartu yang sesuai,
memungut kartu itu. Jika tidak ada jawaban yang tersedia, maka siswa menuliskan
jawabannya pada kartu kosong.
Kelebihan
metode ini :
§ Mendorong memberikan pelatihan bagi siswa
untuk lebih berperan aktif dalam pembelajaran (berperan serta dalam merancang
kegiatan , melaksanakan kegiatan, mempertanggung jawabkan hasil kerjanya,)
§ Mengembangkan motivasi untuk belajar yang
lebih baik
§ Membantu siswa belajar berpikir berdasarkan
sudut pandang suatu subjek bahasan dengan memberikan kebebasan siswa dalam
praktik berpikir,
Kelemahan
metode ini :
§ Mudah menyimpang dari pokok permasalahan
§ Apatis bagi siswa yang
tidak terbiasa dalam forum
§ Guru khawatir bahwa akan terjadi kekacauan
dikelas
Langkah-langkah permainan
memungut kartu antara lain sebagai berikut:
§ Permainan memungut kartu merupakan permainan
yang menyenangkan yang dapat dimainkan berulang-ulang tanpa kehilangan daya
tariknya.
§ Dengan seperangkat kartu, 3 sampai 10 orang
atau lebih orang dapat bermain.
§ Permainan memungut kartu ini dapat menonjolkan
pepatah atau peribahasa atau sajak, tanya jawab (seperti masalah dan
pemecahannya) dan sebagainya.
§ Permainan memungut kartu hendaklah diproduksi
sesuai dengan rencana.
§ Permainan memungut kartu dapat dilakukan
secara individu maupun kelompok.
Penerapan di
kelas dapat dilakukan dengan tahap sebagai berikut:
§ Persiapan
Pada tahap persiapan
ini yang dilakukan guru adalah:
- Membuat media
pembelajaran;
- Membuat desain
pembelajaran;
- Membuat lembar kerja
siswa;
- Membuat post-test;
- Serta membagi siswa
dalam kelompok kecil .
§ Presentasi kelas
§ Kegiatan kelompok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar